Resep dan Cara Membuat Nasi Goreng Ikan Teri

Halo semuanya! Kali ini aku mau berbagi resep dan ngasih tahu kalian cara membuat salah satu jenis nasi goreng yang terkenal di Indonesia, yaitu nasi goreng ikan teri. Nah, nasi goreng ini agak berbeda dengan nasi goreng khas Indonesia, seperti nasi goreng Jawa, karena nasi goreng ini bumbunya seperti nasi goreng ala Hong Kong.

Untuk bumbu-bumbunya sendiri juga simple banget dan tentunya gampang kalian cari di pasar atau supermarket terdekat, bahkan mungkin juga kalian sudah punya semua bahannya di rumah. Kalau gitu, langsung aja yuk kita mulai!

img_8201.jpg
Sumber: Dok. Penulis

Bahan-bahan yang dibutuhkan (2 porsi):

  • Telur orak arik (1 butir)
  • 2 siung bawang putih (dicincang)
  • 4 buah cabe merah keriting (diiris tipis dan melintang)
  • 1 buah cabe rawit (iris tipis)
  • 1 buah wortel ukuran kecil/sedang (potong dadu kecil)
  • Daun bawang secukupnya (diiris tipis)
  • 4-5 sdm teri medan (digoreng hingga garing)
  • 2 porsi nasi putih
  • 1 sdm saus tiram
  • Kaldu jamur (secukupnya)
  • Gula (sedikit/sejuput)
  • Garam (bila perlu beri secukupnya saja)

baca juga: Creamy and Spicy Omelette

Cara membuat:

Sumber: Dok. Penulis

Pertama, siapkan wajan anti lengket dan hidupkan kompor dengan api sedang. Jangan lupa kasih minyak secukupnya ya sekitar 1-2 sdm aja udah cukup kok. Setelah itu, masukkan irisan bawang putih dan cabe kedalam wajan dan masak hingga bawangnya harum dan bau langu cabenya hilang. Hati-hati ya jangan sampai bawang putihnya gosong, jadi aduk terus bawang dan cabenya dengan api yang sedikit dikecilkan.

Sumber: Dok. Penulis

Kalau sudah mulai harum bawangnya, masukkan potongan wortel dan masak sebentar hingga mulai sedikit lunak teksturnya wortelnya ya. Sebenarnya untuk wortel ini bebas tergantung selera masing-masing. Kalau kalian suka dengan tekstur wortel yang masih sedikit keras dan crunchy, wortelnya hanya perlu ditumis sebentar sekitar 2 menit sebelum masuk bahan lainnya. Tapi kalau kalian suka wortelnya benar-benar matang dan lembut, tumis wortelnya hingga tingkat kematangan yang sesuai selera.

Sumber: Dok. Penulis

Sekarang waktunya memasukkan nasi. Untuk nasinya sendiri aku sarankan untuk pakai nasi yang agak perak ya kalau untuk nasi goreng, contohnya seperti beras Padang, karena kalau pakai nasi pulen kurang cocok dan nanti hasilnya akan terlalu lembek. Kalau nasinya sudah masuk, aduk nasi dengan bahan-bahan di wajan hingga merata.

Sumber: Dok. Penulis

Masukkan irisan daun bawang dan bumbui nasi gorengnya dengan saus tiram dan kaldu jamur, atau kalau tidak mau pakai kaldu bisa kalian ganti dengan kasih sedikit gula (sekitar 1/2 sdt) biar rasanya lebih gurih.

Sumber: Dok. Penulis

Langkah terakhir, masukkan teri dan telur ke dalam wajan dan aduk hingga tercampur rata semuanya. Nah, sebelum dihidangkan ada baiknya kalian coba dulu dan pastikan rasanya sudah pas ya! Karena teri medannya sudah asin, tidak perlu kalian tambahkan garam. Tapi kalau kalian orangnya suka lebih asin, bisa kalian tambahkan sedikit garam dan aduk hingga merata. Matikan kompor dan selesai deh!

Sumber: Dok. Penulis

Salin nasi ke piring saji lalu taburi dengan bawang goreng. Nasi goreng ikan teri siap dihidangkan!

Gimana? Mudah dan simple banget kan? Resep ini bisa kalian coba untuk menu sarapan atau bahkan makan malam. Selamat mencoba!

Leave a Comment