Resep dan Cara Membuat Iga Sapi Garang Asem

Kalian pecinta daging sapi, khususnya iga? Pas banget resep ini wajib kalian coba bikin di rumah.

Nama masakan yang satu ini tidak terdengar asing untuk kebanyakan orang. Perpaduan rasa asam yang segar dari tomat, bumbunya yang harum dan gurih, serta rasa manis dari kecap, membuat hidangan ini cocok disajikan dengan nasi.

Nah, beberapa dari kalian mungkin masih bingung membedakan antara Garang Asem yang berasal dari Jawa Tengah dengan Iga Sapi Garang Asem ini.

Garang Asem dari Jawa Tengah berbeda dari Iga Sapi Garang Asem karena biasanya Garang Asem ini disajikan dalam bungkusan daun pisang dan memakai daging ayam.

Sedangkan Iga Sapi Garang Asem tidak memakai daun pisang sama sekali dan juga lebih berkuah.

Iga Sapi Garang Asem biasanya sering kalian temui di berbagai restoran khas Indonesia, seperti Warung Tekko dan Kafe Betawi.

Akan tetapi, kalau di restoran, harga makanan ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal. Yaaa namanya juga iga jadi gamungkin murah sih.

baca juga: Nasi Goreng Ikan Teri

Nah, kalau bisa bikin di rumah dijamin lebih murah dan lebih enak, kenapa enggak? Ya kan?

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 500gr Iga sapi
  • 1000ml / 1 liter air
  • Bumbu Halus
    • 3 siung bawang putih
    • 7 siung bawang merah
    • 1 ruas jari lengkuas
    • 1 sachet terasi ABC (boleh dibakar dulu)
    • 3 butir kemiri
  • 1 buah jeruk lemon (peras airnya)
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 lembar daun salam
  • 5 buah tomat hijau (potong bagi 4)
  • 1 buah tomat merah besar (potong bagi 4)
  • 5 buah cabe rawit (iris bagi 2)
  • 5 buah cabe rawit utuh
  • 3 buah cabe merah besar (iris besar)
  • garam dan lada secukupnya
  • kaldu jamur Totole (optional)
  • minyak secukupnya

Alat:

  • Panci besar (untuk merebus iga)
  • Wajan (untuk menumis)

Cara membuat:

Langkah pertama untuk bikin makanan ini, kalian harus bersihkan iganya terlebih dahulu dengan cara dicuci dan bilas. Setelah iganya bersih, masukkan iga ke panci dan tuang air kedalamnya.

Nah untuk merebus iga, sebaiknya dilakukan selama 2 jam supaya iganya benar-benar empuk. Setelah direbus, buang lemak-lemak yang ada di atas permukaan rebusan biar nantinya masakan lebih enak dan juga tidak terlalu berlemak.

IMG_8084
Sumber: Dok. Penulis

Sembari menunggu iganya empuk, sekarang kita bikin bumbu halusnya dulu. Haluskan semua bahan untuk bumbu halus dengan alat blender. Kalau tidak punya blender, sebenarnya bisa juga pakai ulekan untuk ngehalusin bumbunya, tapi pastikan bumbunya diulek hingga halus semua ya.

Setelah itu, panaskan wajan dan beri minyak secukupnya (sekitar 3-4 sdm) lalu tuang bumbu halus ke dalam wajan. Tumis bumbu halus hingga wangi dan matang.

IMG_8085
Sumber: Dok. Penulis

Jika sudah selesai ditumis, masukkan bumbu halus ke dalam panci rebusan iga tadi dan aduk hingga larut secara rata. Masak kembali iga yang sudah dicampur dengan bumbu diatas api sedang. Jangan lupa masukkan daun salam, semua cabe rawit, dan irisan cabe merah lalu masak hingga mendidih.

IMG_8090
Sumber: Dok. Penulis

Masukkan garam, lada, dan kaldu jamur secukupnya. Masukkan juga kecap manis, air lemon (setengah saja), tomat hijau, dan tomat merah, lalu masak hingga tomat setengah layu. Untuk rasa jangan lupa dicicip ya supaya tidak keasinan dan rasanya juga pas.

IMG_8092
Sumber: Dok. Penulis

Kalau sudah matang dan rasanya pas, matikan kompor dan sajikan Iga Sapi Garang Asem dengan nasi putih sebagai pelengkap. Jadi deh!

IMG_8101
Sumber: Dok. Penulis

20 Thoughts to “Resep dan Cara Membuat Iga Sapi Garang Asem”

  1. It looks yummy and easy to cook. Cus lah bikin vlog ala-ala Aroma by Sisca Soewitomo zaman dulu. Btw salut bisa masak sambil ngefoto prosesnya dengan cantik 💟💟💟💟💟

    1. heavenonspoon

      wahh makasihh! soon semoga bisa bikin video masak juga hehe XD

  2. Udah pernah nyoba garang asem ayam… Kalo iga sapi garang asem belum pernah… Tp kegnya mirip2 gitu ya… Liat resep ya kegnya gampang ya… jd pengen praktek langsung… tp ini klo tomatnya di ganti tomat biasa bisa gak ya? Soalnya di sini jarang tomat ijo….

    1. heavenonspoon

      Iya mirip-mirip kok cuma beda di dagingnya ajah dan bahannya sebenernya gak ribet dan gampang dibuat cuma prosesnya aja yang makan waktu lama gitu. Untuk tomat bisa diganti kok pake tomat merah biasa juga gapapa cuma karena tomat merah gak terlalu asam bisa ditambah air lemonnya aja ya sampe nemu rasa asam yang sesuai^^

  3. wah…. jadi pingin coba… makasih ya ka informasinya

    1. heavenonspoon

      sama-sama 🙂 silahkan dicoba yahh

  4. Waaah jadi kepengeeen, nyobain buat ah

    1. heavenonspoon

      ayoo ayoo dicoba bikin 😀

  5. Mantep banget, bikin pengen.
    Ntar coba masak sendiri ah.

    1. heavenonspoon

      ayoo ayoo silahkan dicoba resepnya yah^^

  6. Menu favoritku! Taunya cuma makan doang, gabisa masaknya hahaha. Makasih kak udah ngepost ini heh

    1. heavenonspoon

      Sama-sama yah^^

  7. wuaaaaaaaahh, resepnya simpel nih, bisa dicoba ntar. thankyouuu mb :)))

    1. heavenonspoon

      Sama-sama^^ silahkan dicoba yah!

  8. fotonya bagus2 n kayaknya bisa dicoba dimasak dirumah sndiri hiiii thanks resepnya kaka.. Eh btw itu iga biar empuk katanya direbus dulu ya sama daun pepaya, bener gak tuh

    1. heavenonspoon

      Makasih dan sama-sama juga yaa^^ kalau daun pepaya bener kok jadi bisa pake itu juga krn sebenernya masak iga biar empuk banyak versi dan cara gitu..tapi kalau nggak pake daun pepaya juga gapapa jadi direbus biasa aja yang lama nantinya empuk juga kok 😀

  9. Sita

    Sepertinya worth to try. Kalau diganti ayam bisa kan ya kak 🙂 thanks for share

    1. heavenonspoon

      Bisa banget kok diganti sama ayam. Silahkan dicoba yah resepnya!^^

  10. platingnya rapi banget kak jadi laper beneran hahaha! ini kalo makannya pas lagi hujan pasti juara banget

    1. heavenonspoon

      wahh makasihh^^ ayo ayo dicoba resepnya mumpung lagi musim hujan 😀

Leave a Comment